Headlines News :
Home » , , » Joomla - Mengganti Main Menu

Joomla - Mengganti Main Menu

Written By *Ahsan on Monday, September 24, 2012 | 10:30 PM

Main Menu adalah bagian yang sangat penting dalam sebuah website. Karena dari main menu, kita bisa mengetahui topik-topik pembahasan yang adalah dalam situs tersebut.

Dalam Main Menu, kita bisa memasukkan internal link (link dari dalam website) maupun external link (link dari website lain).

Baiklah, untuk membuat menu baru di Main Menu, langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Login Joomla.

2. Klik Menus > Main Menu.

3. Klik New untuk membuat menu baru.

4. Pilih salah satu diantara link-link berikut. Jika Anda ingin memasukkan link dari dalam website, maka pilih menu yang adalah di Internal Link. Jika Anda ingin memasukkan link dari luar website Anda, maka pilih External Link. Sebagai contoh disini saya memilih External Link.

5. Maka Anda akan masuk ke dalam jendela konfigurasi External Link. 
Title: Isi judul/nama link yang ingin Anda buat.

Alias: Penamaan tulisan yang disesuaikan dengan cara penulisan Joomla. Pada kotak ini sebaiknya dibiarkan kosong.

Link: Masukkan link yang ingin Anda hubungkan. Ingat untuk penulisannya harus lengkap, contoh: http://www.situsanda.com

Display in: Karena kita ingin membuat menu baru di Main Menu maka pilih Main Menu.

Parent Item: Pada pilihan ini Anda bisa memilih antara membuat menu atau sub menu (cabang dari menu atau anak menu). Jika Anda ingin membuat menu maka biarkan pilihan pada Top. Tapi jika Anda ingin membuat sub menu (cabang dari menu atau anak menu) maka pilih menu induk yang ingin Anda masukkan. Sebagai contoh saya ingin membuat sub menu di menu S5 No-MooMenu, maka saya klik pada S5 No-Moo-Menu. Tapi pada artikel ini, karena saya ingin membuat menu utama, maka saya mimilih Top.

Published: Pilih Yes untuk memunculkan menu tersebut pada website Anda.

Order: Pada keterangan tersebut tertuliskan bahwa artikel Anda berada pada posisi paling akhir. Anda bisa mengubahnya setelah pengaturan ini di Save.

Access Level: Anda bisa memilih diantara tiga. Public yang berarti artikel tersebut bisa dikonsumsi untuk umum, Registered berarti artikel tersebut hanya bisa dibaca orang yang sudah mendaftarkan diri ke situs Anda dan Special berarti hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melihat.

On Click, Open in: Pada kotak tersebut ada tiga pilihan. Pada Parent Windows with Browser Navigation berarti jendela situs Anda akan berubah (loading) jika Anda mengklik link tersebut (tidak membuka di tab baru). Dan pada pilihan ke dua dan ketiga, jika Anda mengklik link tersebut akan terbuka di tab baru.

6. Klik Save atau Apply untuk menyimpannya. Jika Anda mengklik Save maka akan menyimpan lalu menutup jendela postingan Anda, sedangkan Save akan menyimpan tanpa menutup jendela postingan Anda.

Share this article :

2 comments:

 
Topics: Islam | Computer | Internet
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Sharing Ilmu Yuk...!!! - All Rights Reserved
Semoga tulisan di blog ini bisa bermanfaat bagi Anda semua. Sponsored by: Sharing Ilmu Yuk...!!! Design by: Maskolis