Headlines News :
Home » , , » Dr. Wahbah Zuhaily

Dr. Wahbah Zuhaily

Written By *Ahsan on Wednesday, September 22, 2010 | 5:00 PM

Spoiler untuk photo Dr. Wahbah Zuhaily:

Dr. Wahbah Zuhaily adalah seorang faqih di Suriah. Beliau termasuk anggota dalam al-Majami' al-Fiqhiyyah di Makkah, Jeddah, India, Amerika Serikat, Sudan dan Suriah. Beliau juga menjabat sebagai rois qism al-Fiqh al-Islami di Universitas Damsyiq, Kuliah Syari'ah.

Kelahiran dan Ilmu

Beliau di lahirkan di Deir Atieh di daerah Damsyiq pada tahun 1932. Ayah beliau seorang hafidz al-Qur'an, pecinta Sunnah Nabi, pedagang dan petani. Beliau sekolah dasar di tempat kelahirannya di Suriah, kemudian melanjutkan sekolah tinggi di kuliah syari'ah di Damsyiq sekitar 6 tahun. Prestasi beliau sangat spektakuler dengan meraih al-Imtiyaz al-Ula 'ala jami'i hamlati ats-Tsanawiyah asy-Syari'ah pada tahun 1952, beliau juga mencapai prestasi serupa pada jurusan adabi.

Beliau melanjutkan pendidikan di kuliah Syari'ah di Universitas Azhar asy-Syarif. Beliau mendapatkan asy-Syahadah al-'Aliyah al-Ula pada tahun 1956, juga mendapatkan ijazah takhoshush at-Tadris dari kuliah al-Lughoh al-'Arabiah di Azhar. Pada pertengahan pembelajaran di Azhar, beliau memperoleh gelar Sarjana Hukum dari Universitas Ain Syams dengan takdir Jayyid pada tahun 1957. Beliau juga mendapat Diploma pada tahun 1959 dari Fakultas Hukum di Universitas Kairo.

Beliau mendapatkan syahadah Doktor dalam hukum (Syari'ah Islamiyyah) pada tahun 1963 dengan natijah asy-Syarf al-ula, dengan judul tesis "Dampak perang dalam Fiqih Islamiyyah - Studi banding antar 8 madzhab dan Hukum Internasional."
Beliau menjadi pengajar di Universitas Damsyiq pada tahun 1963 kemudian menjadi asisten Profesor tahun 1969, dan Menjadi Profesor pada tahun 1975.

Beliau menghabiskan umurnya untuk mengajar, menulis, mengisi seminar umum dan khusus. Beliau memiliki pehamanan yang sangat mendalam dalam fiqh dan ushul fiqh. Beliau mengajarkan keduanya dalam Fiqh Komparatif di Fakultas Syari'ah di Fakultas Hukum Universitas Damsyiq dan pendidikan pascasarjana di sana.

Beliau diperbantukan untuk Fakultas Syari'ah wal Qonun di Universitas Muhammad bin Ali al-Sanusi di Kota al-Baidlo' dan Libya sekitar 2 tahun. Kemudian ditugaskan di tingkat pascasarjana. Beliau juga diperbantukan pada kuliah Syari'ah wal Qonun di Universitas al-Imarat sekitar 5 tahun (1984-1989). Diperbantukan sebagai dosen terbang di Universitas al-Khurtum jurusan Syair'ah dan di Dirman al-Islamiyyah untuk mengisi seminar fiqh dan ushul fiqh pada mahasiswa pascasarjana.

Diperbantukan selama dua tahun untuk studi pascasarjana, Fakultas Syariah wal Qonun di Universitas Mohammed bin Ali al-Sanusi di Kota al-Baidla', Libya dengan status dosen terbang selama sebulan. Diperbantukan untuk Qatar dan Kuwait untuk pelajaran al-Ramadloniyah tahun 1989-1990. Diperbantukan sebagai dosen terbang di Pusat Studi Keamanan Arab dan Pelatihan pada 6/11/1993 selama dua minggu.

Beliau mengajarkan bukunya al-Fiqh al-Islamy wa adillatuhu yang digunakan sebagai referensi utama di berbagai universitas mahasiswa pascasarjana seperti Pakistan, Sudan dan lain sebagainya. Beliau juga pernah mengajarkan bukunya Ushul Fiqh Islamy di Universitas Islamiyah di Madinah dan Ridyadh jurusan al-Qadla' al-Syar'i.

Beliau mendapat banyak penghargaan Magister dan Doktor di berbagai Universitas seperti dari Lebanon, Beirut, Damsyiq, Khurtum dan lain sebagainya.
Beliau mendirikan Jurnal Syari'ah wal QOnun di Universitas al-Imarat. Beliau juga pernah menjabat sebagai rois lajnah al-Tsaqofiyah al-Ulya dan rois lajnah al-Makhthuhtot di Universitas al-Imarat. Belia juga menjadi anggota haiati al-Tahrir di Majallah nahji al-Islam di Damsyiq. Beliau juga pernah menjabat sebagai rois majlis al-Idarah di madrasah al-Syaikh 'Abdul al-Qadir al-Qashshab al-Tsanawiyah al-Syar'iyyah di Deir Atieh

Keanggotaan
  1. Rois lajnah al-Dirasat al-Syar'iyyah lil muassasat al-Maliyyah al-Islamiyyah
  2. Anggota Dewan Fatwa Tertinggi di Suriah
  3. Anggota Komite Penelitian dan Syu-un Islamiyyah dan dewan redaksi Jurnal Nahjil Islam di Wizaratu al-Auqaf di Suriah dan mausu'ah fiqh al-Mu'amalat di Majma' al-Fiqh al-Islamy di Jeddah dan lain sebagainya

Karya-karyanya
  1. al-Fiqh al-Islamy wa Adillatuhu
  2. al-Fiqh wa Ushuluhu
  3. al-Qur'an wa 'ulumuhu
  4. Dirasat Islamiyyah
  5. al-Sunnah al-Nabawiyyah wa ulumuha
  6. al-Aqidah al-Islamiyyah dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait
M. Nashiruddin Al-Albany
Dr. KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, MA
Biografi Abd ar-Rahman As-Sufi

Artikel sebelumnya:
Fiqih Pada Zaman Rasulullah 
M. Nashiruddin Al-Albany
Uang Terbesar
Gambar Aneh
Keluarga Sakinah
Ingat Orangtuamu
Piala Dunia Antar Club 2009
Bahaya Minum Es Setelah Makan
10 Bocah Ajaib
Hardisk Berkapasitas 1 Yottabytes
Hukum Merayakan Natal
Share this article :

0 Komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Topics: Islam | Computer | Internet
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Sharing Ilmu Yuk...!!! - All Rights Reserved
Semoga tulisan di blog ini bisa bermanfaat bagi Anda semua. Sponsored by: Sharing Ilmu Yuk...!!! Design by: Maskolis