Trik membuat mail merge sangat berguna sekali jika Anda ingin membuat undangan dengan nama tiap surat undangan berbeda-beda sesuai dengan data undangan Anda.
Tentunya jika Anda tidak menggunakan mail merge, akan menghabiskan waktu dan tenaga Anda, jika ingin mengeprint satu persatu sesuai dengan nama undangan Anda. Oleh karena itu Anda harus memahami trik mail merge pada Microsoft Word 2010 ini.
Sebenarnya mail merge pada Microsoft Word 2003, 2007 dan 2010 tidak terlalu beda jauh. Hanya saja, setiap versi mempunyai tempat yang berbeda untuk menggunakan mail merge.
Langkahnya cukup panjang, karenanya Anda perlu memfokuskan diri.
1. Buat daftar nama undangan Anda di Microsoft Excel. Jangan lupa Anda harus mengingat Sheet dimana daftar nama undangan Anda. Sebagai contoh disini saya menempatkan pada Sheet1.
Artikel terkait:
Microsoft Word 2010 - Scan Dokumen ke Teks Online
Microsoft Word 2010 - Scan Dokumen ke Teks
Microsoft Word 2010 - Membuat Angka Arab
Microsoft Word 2010 - Mengubah satuan Inches ke cm
Microsoft Word 2010 - Mengganti Template
Microsoft Word 2010 - Membuat Daftar Isi
Microsoft Word 2010 - Mengubah ke Format PDF
Microsoft Word 2010 - Save to Ms. Word 2003
Artikel sebelumnya:
Windows 7 - Mengubah Format Jam dan Tanggal ke Indonesia
Syeikh Muhammad Sa'id Ramadhan Al-Bouti
Trik Download Driver ACER
Trik Mengecek Kondisi Hardisk
Firefox 6.0 Telah Direlease
4 Google Dalam Satu Jendela
Mau tau penampakanmu 30 tahun lagi?
Beda Burka dan Niqab
Windows 7 - Trik Menyeleksi Photo
Mengecek Jenis Font Pada Gambar
Tentunya jika Anda tidak menggunakan mail merge, akan menghabiskan waktu dan tenaga Anda, jika ingin mengeprint satu persatu sesuai dengan nama undangan Anda. Oleh karena itu Anda harus memahami trik mail merge pada Microsoft Word 2010 ini.
Sebenarnya mail merge pada Microsoft Word 2003, 2007 dan 2010 tidak terlalu beda jauh. Hanya saja, setiap versi mempunyai tempat yang berbeda untuk menggunakan mail merge.
Langkahnya cukup panjang, karenanya Anda perlu memfokuskan diri.
1. Buat daftar nama undangan Anda di Microsoft Excel. Jangan lupa Anda harus mengingat Sheet dimana daftar nama undangan Anda. Sebagai contoh disini saya menempatkan pada Sheet1.
2. Simpat daftar nama undangan Anda dimana saja.
3. Nah, sekarang buka undangan Anda.
4. Untuk memasukkan daftar nama undangan Anda (yang masih dalam format Microsoft Excel) buka tab Mailings > Select Recipients > Use Existing List.
5. Buka file daftar nama undangan Anda (dalam format Excel).
6. Karena tadi saya menyimpan daftar nama undangan saya pada Sheet1 maka pilih Sheet1 > OK.
7. Untuk selanjutnya kita ingin memasukkan nomor undangan. Caranya letakkan kursor di depan garing (untuk membuat nomor surat), kemudian (Pastikan Anda masih membuka tab Mailings) klik Insert Merge Field > No.
8. Maka nomor undangan sudah masuk.
9. Selanjutnya kita ingin memasukkan nama undangan. Caranya letakkan kursor pada tempat yang ingin Anda taruh > kemudian (Pastikan Anda masih membuka tab Mailings) klik Insert Merge Field > Nama.
10. Maka nomor undangan dan nama undangan sudah masuk semua.
Lho, tapi koq yang terlihat malah "tulisan nomor di dalam kurung" dan "tulisan nama di dalam kurung"??? Tenang saja, itu merupakan simbol saja. Untuk melihat data yang sebenarnya klik Preview Result, maka akan terlihat daftar yang Anda inginkan.
11. Ketikkan Bapak/Ibu/Saudara/i atau apa saja yang Anda inginkan, agar undangan terlihat lebih enak dibaca. Sebagai contoh saya menggunakan kata Bapak.
12. Selesai, sekarang undangan Anda sudah tersetting mail merge.
Catatan: Jika Anda ingin mengeprint undangan Anda yang sudah di mail merge, maka buka artikal Ms. Word 2010 - Print Mail Merge.
3. Nah, sekarang buka undangan Anda.
4. Untuk memasukkan daftar nama undangan Anda (yang masih dalam format Microsoft Excel) buka tab Mailings > Select Recipients > Use Existing List.
5. Buka file daftar nama undangan Anda (dalam format Excel).
6. Karena tadi saya menyimpan daftar nama undangan saya pada Sheet1 maka pilih Sheet1 > OK.
7. Untuk selanjutnya kita ingin memasukkan nomor undangan. Caranya letakkan kursor di depan garing (untuk membuat nomor surat), kemudian (Pastikan Anda masih membuka tab Mailings) klik Insert Merge Field > No.
8. Maka nomor undangan sudah masuk.
9. Selanjutnya kita ingin memasukkan nama undangan. Caranya letakkan kursor pada tempat yang ingin Anda taruh > kemudian (Pastikan Anda masih membuka tab Mailings) klik Insert Merge Field > Nama.
10. Maka nomor undangan dan nama undangan sudah masuk semua.
Lho, tapi koq yang terlihat malah "tulisan nomor di dalam kurung
11. Ketikkan Bapak/Ibu/Saudara/i atau apa saja yang Anda inginkan, agar undangan terlihat lebih enak dibaca. Sebagai contoh saya menggunakan kata Bapak.
12. Selesai, sekarang undangan Anda sudah tersetting mail merge.
Catatan: Jika Anda ingin mengeprint undangan Anda yang sudah di mail merge, maka buka artikal Ms. Word 2010 - Print Mail Merge.
Artikel terkait:
Microsoft Word 2010 - Scan Dokumen ke Teks Online
Microsoft Word 2010 - Scan Dokumen ke Teks
Microsoft Word 2010 - Membuat Angka Arab
Microsoft Word 2010 - Mengubah satuan Inches ke cm
Microsoft Word 2010 - Mengganti Template
Microsoft Word 2010 - Membuat Daftar Isi
Microsoft Word 2010 - Mengubah ke Format PDF
Microsoft Word 2010 - Save to Ms. Word 2003
Artikel sebelumnya:
Windows 7 - Mengubah Format Jam dan Tanggal ke Indonesia
Syeikh Muhammad Sa'id Ramadhan Al-Bouti
Trik Download Driver ACER
Trik Mengecek Kondisi Hardisk
Firefox 6.0 Telah Direlease
4 Google Dalam Satu Jendela
Mau tau penampakanmu 30 tahun lagi?
Beda Burka dan Niqab
Windows 7 - Trik Menyeleksi Photo
Mengecek Jenis Font Pada Gambar
Keyword artikel:
makasih infonya..
ReplyDeletesama2 semoga bisa membantu :D
ReplyDelete