Headlines News :
Home » » Apakah Kita Termasuk Alim Atau Arif?

Apakah Kita Termasuk Alim Atau Arif?

Written By *Ahsan on Thursday, July 12, 2012 | 7:08 PM


الرجاء vs الخوف
Termasuk dalam tingkat apakah kita?

إذا أردت أن يفتح لك باب الرجاء فاشهد ما منه إليك، وإذا أردت أن يفتح لك باب الخوف فاشهد ما منك إليه
Jika kamu menginginkan dibukakan pintu harapan kepadamu maka lihatlah apa yang telah Allah berikan kepadamu, dan jika kamu menginginkan dibukakan kepadamu pintu ketakutan maka lihatlah apa yang telah kamu lakukan kepadanya.

Hubungan antara kita dengan Allah akan memunculkan dua perkara, yaitu رجاء dan خوف. رجاء yang diartikan dengan harapan dan خوف yang diartikan sebagai rasa takut.

Muncullah sebuah pertanyaan, siapakah yang menciptakan kita? Siapa yang telah memberikan kita akal?  Dan Siapa yang memberi kita karunia sebanyak ini?

Sesungguhnya Allah telah memberikan karunia yang sangat besar kepada kita, yaitu taqwa. Allah menciptakan kita didunia ini sebagai orang yang beriman, sedangkan banyak orang yang diciptakan dalam keadaan kafir.

Beda tingkatan عالم dan عارف

Ketika seorang masih berada dalam tingkatan عالم, maka طاعة akan membawanya kepada رجاء dan معصية akan membawanya kepada خوف. Jika kita semakin sering beribadah, maka tentunya kita semakin banyak berdo’a dan meminta kepada Allah. Begitu pula sebaliknya, apabila kita sering melakukan perbuatan maksiat, maka kita akan merasa takut akan adzab Allah.

Hal ini berbeda ketika seorang sudah berada dalam tingkatan عارف. معصية akan membawanya kepada رجاء, sedangkan طاعة akan membawanya kepada خوف.

Firman Allah, "Sesungguhnya orang yang berhati-hati kerana takut (terhadap siksa) Rabb mereka. Dan orang-orang yang beriman terhadap ayat-ayat Rabb mereka. Dan orang-orang yang tidak mempersekutukan (sesuatupun) dengan Rabb mereka, Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang takut (kerana mereka tahu bahwa) sesungguhnya mereka akan kembali kepada Rabb mereka. Mereka itu bersegera untuk mendapat kebaikan-kebaikan, dan merekalah orang-orang yang segera memperolehnya." (QS Al-Mukminun : 57-61)

Di dalam kitab Musnad Imam Ahmad dan Sunan at-Tirmidzi dari Aisyah r.ha yang berkata: "Aku bertanya kepada Rasulullah tentang ayat ini. (Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang takut) (Al-Mukminun: 60), apakah mereka adalah orang-orang yang berzina, minum khamr dan mencuri?" Beliau menjawab, "Tidak wahai (Aisyah) anak Abu Bakar As Siddiq, akan tetapi mereka adalah orang-orang yang berpuasa, melaksanakan solat, bersedekah dan mereka khawatir (amalan mereka) tidak diterima."

Al-Hasan berkata, "Mereka telah beramal demi Allah dengan semua ketaatan-ketaatan dan mereka telah bersunggah-sungguh padanya, serta mereka takut (seandainya amalan-amalan mereka) ditolak. Sesungguhnya seorang mukmin itu menggabungkan antara berbuat baik dengan takut (tidak diterima amalannya), sedangkan orang munafik menggabungkan antara berbuat buruk dengan (merasa) aman (dari siksa Allah)."

Perbedaan خوف terhadap manusia dan terhadap Allah

Jika orang takut kepada manusia, maka dia akan selalu menjauhinya. Tapi berbeda halnya jika takut kepada Allah, maka orang tersebut akan semakin mendekat kepada Allah.

إذا وقع منك ذنب فلا يكن سببا يؤيسك من حصول الاستقامة مع ربك، فقد يكون ذلك آخر ذنب قدر عليك
Jika kamu melakukan sebuah dosa, maka jangan sampai dosa tersebut menjadi sebab yang membuat hilangnya istiqomahmu terhadap Allah, tetapi jadikanlah dosa tersebut adalah dosa terakhir yang kamu lakukan.

Artikel Terkait:
Muslim Bagai Cermin
Baybars di Mata Mesir
Ijazah Hadits Musalsal Puasa Asyura'
Syeikh Muhammad Sa'id Ramadhan Al-Bouti
Syeikh Ali Jum'ah
Dr. Muhammad Rajab Al-Bayumi
Dr. Wahbah Zuhaily
M. Nashiruddin Al-Albany
Dr. KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, MA
Abd Ar-Rahman As-Sufi

Artikel sebelumnya:
Ms. Word 2010 - Membuat Halaman Dengan Section Berbeda
Keyboard Urdu
Download Full Match Final Euro 2012 Spain Vs Italy + Opening Ceremony + Pembagian Medali dan Piala
Kamus Urdu-Inggris Inggris-Urdu Online
Menikmati Malam Dengan Suara Gemercik Hujan
Muslim Bagai Cermin
Baybars di Mata Mesir 
Menu Menjelang Ujian
Cara Aktivasi ESET Smart Security 5
Tempat Duduk Ujian Tulis Hadits Tingkat 3

Keyword:
Antara Memohon dan Takut, Apakah kita Memohon atau Takut, Memohon atau Takut, Adab Berdo'a, bagaimana selayaknya kita berdo'a, tata cara berdo'a, Sebaiknya kita memohon atau takut, apakah kita termasuk alim atau arif
Share this article :

0 Komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Topics: Islam | Computer | Internet
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Sharing Ilmu Yuk...!!! - All Rights Reserved
Semoga tulisan di blog ini bisa bermanfaat bagi Anda semua. Sponsored by: Sharing Ilmu Yuk...!!! Design by: Maskolis